SOSIALISASI KADER TB WILAYAH KERJA PUSKESMAS II PURWOKERTO TIMUR 2017

SOSIALISASI KADER TB WILAYAH KERJA PUSKESMAS II PURWOKERTO TIMUR 2017

SOSIALISASI KADER TB WILAYAH KERJA PUSKESMAS II PURWOKERTO TIMUR

      Kegiatan sosialisasi kader TB Wilayah Kerja Puskesmas II Purwokerto merupakan salah satu rangkaian program kesehatan yang ada di wilayah kerja Puskesmas II Purwokerto Timur. Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah upaya pencegahan dan penanggulangan kejadian penyakit TBC. Penyakit TBC ialah salah satu penyakit menular yang sekarang ini banyak terjadi dimasyarkat.  Penyebab penyakit TBC yaitu microbakterium tubercolocis, cara penularannya  kontak langsung dengan penderita melalui percikan dahak penderita melalui udara pernafasan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Puskesmas II Purwokerto Timur bapak  dr Esculanto Edhi Hanantoro, MM beliau menyampaikan terimakasih kepada kader TB yang telah hadir dalam kegiatan ini, semoga kerjasama antara petugas kesehatan dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan TBC dapat terjalin lebih baik guna menekan prevalensi TBC.

Foto 1. Sambutan dari Kepala Puskesmas II Purwokerto Timur

           Narasumber pengisian materi penyakit TBC kegiatan ini ialah Ibu Misty Rahayu, SKM. M.Kes  dari DKK Banyumas  seksi program penyakit menular. Materi yang disampaikan meliputi pengertian penyakit TBC, faktor penyebab, tanda dan gejala, cara pencegahan dan penanggulangan TBC. Materi ini tentunya sangat bermanfaat bagi kader TB untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang penyakit TBC. Kegiatan ini juga menggalakan kampanye TOSS (TEMUKAN OBATI SAMPAI SEMBUH) penyakit TBC. 

Foto 2. Penyampaian Materi TBC oleh DKK Banyumas 

        Pesan untuk seluruh masyarakat khususnya yang ada di wilayah Puskesmas II Purwokerto Timur, diharapkan jika ada keluarga, saudara, tetangga masyarakat disekitar tempat tinggal yang mengalami gejala batuk TBC lebih dari dua minggu, disertai dengan demam pada malam hari atau batuk berdarah. SEGERA RUJUK KE PUSKESMAS TERDEKAT untuk ditangani melalui pengobatan penyakit TBC. TBC BISA DISEMBUHKAN ASAL SEJAK DINI MELAKUKAN PENGOBATAN RUTIN. AYO TUNTASKAN TBC....SALAM TOSS TB !!!!!

 

Related Posts

Komentar